BelajarBIGDATA#4 Mengenal dan Instalasi VSCode dengan Python Extention

Python merupakan bahasa pemrogramman yang tergolong high level atau bahasa yang tergolong mudah untuk di pelajari karena pengembangan dan struktur sintaknya tersusun secara sederhana, sehingga bahasa pemrogramman python mudah untuk di pelajari bagi pemula terutama bagi mereka yang tidak mempelajari coding dari awal, karena bahasa yang digunakan python banyak menggunakan bahasa manusia.

Visual Studio Code dengan ekxtesi Python
Setelah sebelumnya sudah pernah membahas tentang Cara Membuat Program Sederhana dengan Anaconda Python, kali ini juga masih ada hubunganya dengan python tetapi tidak untuk membuat program lagi namun memanfaatkan aplikasi lain untuk memudahkan anda dalam menyusun coding python.

Jika pada tutorial sebelumnya telah di jelaskan cara ngoding python menggunakan aplikasi anaconda promt, kali ini akan di jelaskan cara ngoding menggunakan aplikasi editor code Visual Studio Code, kenapa mengguakan VSCode? Karena akan memudahkan anda dalam menyusun code python dengan tingkat yang lebih rumit.

Jika ketika anda menyusun code menggunakan anaconda promt harus menuliskanya baris perbaris, maka ketika akan beralih menggunakan VSCode, anda akan melihat perbedaanya, karena anda tidak perlu menulis perbaris kode, namun anda bisa langsung menuliskan seluruh sintak yang ada secara langsung, kemudian anda bisa menjalankan seluruh perintah kode tersebut pada akhir sesi jika seluruh kode sudah di tulis.

Anda juga tidak perlu khawatir ketika tidak bisa melakukan compiler ketika menggunakan anaconda promt, karena dengan menggunakan VSCode juga bisa melakukan compiler secara langsung, dengan catatan anda sudah melakukan instalasi Anaconda. Untuk melakukan compiler menggunakan VSCode anda membutuhkan extensi tambahan untuk VSCode yang bernama Python.

Namun jika anda belum menginstall Anaconda sama sekali, anda tidak perlu mencari extensi python secara terpisah, karena pada akhir sesi instalasi anda akan di tawarkan oleh wizard untuk menginstall VSCode secara otomatis yang nantinya akan terhubung dengan Anaconda, dengan catatan komputer anda saat itu terhubung dengan koneksi internet.

Sedangkan untuk cara instalasi yang akan anda lakukan hanya membutuhkan cara seperti pada instalasi pada umumnya, ikuti saja pemilihan secara default dengan melakukan klik Next sampai proses selesai. Jika anda belum mempunyai file installer Anaconda dan VSCode, anda bisa mencari di situs resminya yang bisa anda akses lewat anaconda.com.

No comments:

Powered by Blogger.