Materi Kewirausahaan Lengkap Terbaru 2015



Hallo saudaraku, apa kabar nih? semog baik yah, pada kesempatan kali ini admin akan berbagi materi kewirausahaan, materi ini adalah materi rangkuman yang di buat oleh Siska Ela Veronika siswi kelas XII SMIK NEGERI TEGAL

SIUP ( Surat Izin Usaha Perdagangan ) adalah surat izin untuk dapat melakukan kegiatan usaha perdagangan yang dikeluarkan instansi Pemerintah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan sesuai dengan tempat/domisili perusahaan. Siup berlaku selama 5 tahun.

Sumber Permodalan Usaha ada dua sumber permodalan untuk menjalankan kegiatan usahanya, yaitu sumber intern dan ekstern. Sumber Intern meliputi Laba yang ditahan dan Laba tahun berjalan. Laba yang ditahan adalah dana yang diperoleh dari sisa laba yang tidak diambil oleh pemilik perusahaan. Sedangkan, Laba tahun berjalan adalah dana yang diperoleh dari perusahaan yang telah berjalan atau langsung digunakan. Kemudian sumber ekstern meliputi KIK ( Kredit Investasi kecil ) dan KMKP ( Kredit Modal kerja Permanen ).

  KIK ( Kredit Investasi Kecil ) adalah kredit yang diberikan oleh Bank untuk penambahan modal dalam rangka rehabilitasi usaha, perluasan usaha atau membangun usaha baru.

  KMKP ( Kredit Modal Kerja Permanen ) adalah kredit produksi atau eksploitasi yang digunakan untuk menutup biaya produksi perusahaan, seperti biaya pembelian bahan baku, pembelian bahan penunjang, biaya iklan, gaji karyawan.

  Karakteristik Debitur :

  • Character apakah calon nasabah berusaha untuk memenuhi kebutuhannya.
  • Capacity merupakan ukuran dari kemampuan debitur dalam membayar.
  • Capital apakah layak calon nasabah diberi pembiayaan dan seberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.
  • Condition merupakan pertimbangan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah.
  • Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya.

  Penetuan Tempat Usaha :

  • Lokasi Pertokoan
  • Tingkat kepadatan penduduk 
  • Tingkat pendapatan masyarakat calon konsumen 
  • Banyaknya Usaha lain di tempat tersebut
  • Pertimbangan ekonomis
  • Traffic ( lalu lintas )
  • Tingkat persaingan
  • Keamanan dan akses parkir
  • Lokasi Perusahaan
ada dua hal yang berhubungan dengan penentuan lokasi perusahaan, yaitu lokasi perkantoran dan lokasi kediaman. Hal-hal yang harus diperhatikan anatara lain :

  1. Badan Usaha yang memiliki beberapa perusahaan harus memilih tempat yang berlainan untuk masing-masing perusahaan tersebut.
  2. Pemilihan tempat kediaman perusahaan seringkali tergantung pada rentabilitas yang diharapkan, seperti keuntungan yang timbul dari proses produksi, harga bahan baku yang murah, transportasi dan tenaga kerja.

  • Lokasi Pabrik
  • Kedekatan dengan sumber bahan baku produksi
  • Kedekatan dengan konsumen/pasar
  • Ketersediaan/kemudahan untuk mendapatkan tenaga kerja
  • Kemudahan fasilitas pengangkutan dan transportasi
  • Pengadaan Fasilitas
  • Perencanaan pekerjaan meliputi peralatan mesin-mesin yang harus digunakan secara efektif dan efisien
  • Pemeliharaan dan service rutin
  • Jaminan keamanan, keselamatan, kesehatan, kebersihan dan penerangan
  • Keseimbangan porsi kerja agar tidak ada pekerjaan yang menumpuk pada satu mesin
  • Pembagian ruang usaha yang tepat/layout

 Sumber Daya Manusia hal-hal yang berkaitan dengan manajemen sumber daya manusia :

  1. Perencanaan sumber daya manusia
  2. Membuat perkiraan jumlah karyawan
  3. Perkiraan lowongan pekerjaan yang tersedia
  4. Perkiraan waktu kerja yang dibutuhkan
  5. Tata usaha/administrasi kepegawaian 
  6. Kompensasi dan kesejahteraan karyawan

Jaminan perlindungan terhadap kecelakaan dan pengawasan keselamatan kerja
Analisis jabatan meliputi :

  1. Pendidikan
  2. Pengalaman kerja
  3. Keahlian/komunikasi
  4. Tanggung jawab
  5. Karakter tenaga kerja 
  6. Usia
  7. Jenis kelamin
  8. Keadaan fisik
  9. Tempramen
  10. Bakat


  • Perekrutan/rekruitmen adalah proses untuk mencari calon atau kandidat karyawan, buruh, manajer atau tenaga kerja baru untuk memenuhi kebutuhan SDM.
  • Seleksi merupakan tindak lanjut dari perekrutan.
  • Sosialisasi dan Orientasi proses sosialisasi dilakukan setelah prose seleksi selesai, dilanjutkan oleh proses orientasi untuk membantu penyesuaian diri dengan pekerjaan, tempat, lingkungan, kenyamanan dan keamanan dalam kerja.
  • Pelatihan dan Pengembangan bertujuan untuk meningkatkan kemampuan karyawan dalam memberikan kontribusi terhadap fektifitas organisasi.
  • Penilaian prestasi kerja seseorang harus dievaluasi sesuai dengan standart yang berlaku di Perusahaan.
  • Promosi, Rotasi, Demosi dan PHK merupakan nilai dari hasil kerja seorang karyawan perlu ditindaklanjuti.

  Administrasi kata administrasi berasal dari bahasa latin Ad yang artinya intensif dan Ministrare yang artinya melayani, membantu, melengkapi, dan memenuhi. Sistem Administrasi adalah sistem yang menitik beratkan pada pencatatan pengelompokkan, pengorganisasian dan pendataan, atas apa yang dilakukan oleh orang atau badan dalam kegiatannya membantu mewujudkan tujuannya.

Maksud dan Tujuan Administrasi untuk membantu kelancaran usaha dan pengelolaan perusahaan, khususnya dalam pencatatan dan pelaporan hasil kegiatan usaha. Tujuan administrasi :
Mendapatkan informasi atas kegiatan usaha yang telah dilakukan
Mendapatkan data yang akurat
Menyusun program dalam rencana pengembangan usaha
Mengetahui kinerja perusahaan dulu dan sekarang
Memperlancar proses-proses antar bagian, departemen dan devisi
 
Tujuan dan Manfaat Analisis Data :
Memperoleh data yang lebih akurat
Mengetahui kecenderungan di masa datang
Meminimalkan risiko kegagalan
Mengetahui kondisi dan kinrja usahanya
Mengetahui kecenderungan permintaan pasar terhadap produknya dengan riset dan survai lapangan

Faktor Penggerak Perubahan :

  1. Faktor Ekonomi :
  2. Tingkat pendapatan
  3. Pertumbuhan penduduk
  4. Perubahan kurs mata uang terhadap mata uang asing
  5. Krisis ekonomi dan moneter
  6. Perubahan kebijakan pemerintah

Faktor Pasar :

  • Perubahan pola persaingan
  • Perubahan gaya hidup dan perilaku pelanggan
  • Perubahan karena pesaing melakukan inovasi dan menemukan produk baru
  • Muncul pesaing baru dengan jaringan yang kuat dan terkenal
  • Perubahan yang dimotori pesaing yang memasuki bisnis secara serentak
  • Faktor Perkembangan Teknologi 
  • Faktor Iklim dan Cuaca 

Perubahan Terhadap Strategi Menjalankan Usaha :

  1. Peluang ( Opportunity ) => Adanya sekolah RSBI memicu anak didik untuk bisa berbasa inggris aktif, maka peluang munculnya lembaga-lembaga kursus.
  2. Ancaman ( Threat ) => Adanya Alfamart dan Indomaret mengancam kehidupan warung/kios-kios diskala kecil.
  3. Kelemahan ( Weakness ) => Adanya peraturan baru mengenai pengurangan kadar nikotin bagi industri rokok kretek, adanya kendaraan yang harus ada uji emisinya, dll.
  4. Kekuatan ( Strength ) => Himbauan pemerintah tentang obat generic, akan memperkuat daya saing perusahaan farmasi yang bergerak di bidang obat-obatan generik.

Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen :
Faktor Budaya
Kelas Sosial
Keluraga
Usia dan tahap siklus hidup
Jenis Pekerjaan
Kondisi Ekonomi
Gaya Hidup
  Proses Keputusan Pembelian :
Pencetus Ide ( Inisiator )
Pemberi Pengarah ( Influencer )
Pengambil Keputusan ( Decider )
Pembeli ( Buyer )
Pemakai ( User )
  Daur Hidup Produk :
Tahap Perkenalan ( Introduction )
Tahap Pertumbuhan ( Growth )
Tahap Mapan ( Matur )
Tahap Penurunan ( Decliner )
  Strategi Pemetaan Produk
Kategori produk
Golongan/kelas produk
Jenis produk
Ciri-ciri produk
Kesamaan produk
Klasifikasi produk
 
Strategi Pemetaan Kualitas dan harga pasar untuk mengetahui posisi produk di pasar Konsep pemetaan kualitas dan harga antara produk-produk di pasar adalah dengan membandingkan kualitas produk dengan harga. Konsep pemetaan ini disebut Value-Based-Pricing, sebagai acuan pemetaan digunakan kualitas produk pesaing yang sering dibeli konsumen dengan harga rata-rata.

Mengetahui Teori Permintaan dan penawaran ( Supplay and Demand Teory )
Perilaku konsumen dan permintaan suatu produk di pasar
Mekanisme harga di pasar
  Sifat-sifat Produk
Sebuah produk mempunyai waktu hidup yang terbatas
Produk selalu tumbuh dan berkembang
Pertumbuhan produk akan memberikan perbedaan jumlah laba atau kontribusi keuntungannya.
Pertumbuhan produk mempengaruhi kinerja organisasi, kapasitas produksi, keuangan, permodalan, arus kas, dan strategi penjualan.

Mengelola bahan

  • Bahan adalah benda yang dapat dibuat sesuatu, atau barang yang dibutuhkan untuk membuat sesuatu.
  • Resiko persediaan bahan dalam jumlah besar :
  • Resiko hilang dan rusak
  • Biaya pemeliharaan dan pengawasan yang tinggi
  • Resiko usang
  • Uang yang tertanam di persediaan terlalu besar

Jenis usaha yang memproduksi barang ( Manufacture ), memiliki tiga jenis persediaan bahan baku yang dihitung berdasarkan tingkat perputarannya :

  1. Bahan baku ( Raw Material ) yaitu bahan baku yang akan digunakan dalam proses produksi.
  2. Bahan dalam proses ( Material in Process ) yaitu barang yang belum selesai dalam proses produksi.
  3. Barang jadi ( Finished Goods ) yaitu barang yang telah selesai proses produksi, tapi belum dijual atau didistribusikan kepada konsumen.

Pengendalian Produksi merupakan serangkaian prosedur yang bertujuan untuk mengkoordinasi semua elemen proses produksi ( pekerja, mesin, peralatan, dan material ) ke dalam satu aliran.

Hal-hal dalam mengelola keuangan :
Sumber/asal modal uang yang diperlukan untuk menjalankan usahanya
Penggunaan dan pengaturan keuangan perusahaan dengan sebaik-baiknya
Peningkatan profitabilitas/keuntungan usaha

  Pemasaran adalah proses di mana perusahaan menciptakan nilai bagi pelanggan dan membangun hubungan yang kuat dengan pelanggan dengan tujuan untuk menangkap nilai dari pelanggan sebaagai imbalannya.

Fungsi Pemasaran :

  • Memberikan fasilitas atau kemudahan-kemudahan seperti permodalan, menanggung resiko, dan sebagainya.
  • Melakukan pertukaran, seperti fungsi penjualan dan pembelian.
  • Melakukan kegiatan fisik barang, seperti pergudangan dan pengangkutan.

  Strategi Pemasaran adalah pola keputusan dalam perusahaan yang membutuhkan sasaran, maksud atau tujuan guna menghasilkan kebijakan utama dan merencanakan pencapaian tujuan serta memerinci jangkauan bisnis yang akan dicapai oleh perusahaan.

Karakter Wirausaha menurut Bygrave ( 10 D ) :
Dream ( Mimpi )
Decisiveness ( Ketegasan )
Doers ( Pelaku )
Determination ( Determinasi )
Dedication ( Dedikasi )
Devotion ( Pengabdian )
Details ( Cermat )
Destiny ( Nasib )
Dollars ( Uang )
Distribute ( Distribusi )
  Karakteristik Wirausaha menurut Zimmerer :
Komitmen tinggi terhadap tugas
Mau bertanggungjawab
Mempertahankan minat kewirausahaan dalam diri
Peluang untuk mencapai obsesi
Toleransi terhadap risiko dan ketidakpastian
Yakin pada diri sendiri
Kreatif dan fleksibel
Ingin memperoleh feedback segera
Enerjik tinggi
Motivasi untuk lebih unggul
Berorientasi masa depan
Mau belajar dari kegagalan
Kemampuan memimpin

Wujud dari perilaku Kerja prestatif :

  • Kerja ikhlas adalah bekerja dengan bersungguh-sungguh dan menghasilkan sesuatu yang baik serta dilandasi dengan hati yang tulus.
  • Kerja mawas diri adalah bekerja dengan tidak terpengaruh oleh perasaan kemarahan yang sedang melanda jiwanya.
  • Kerja cerdas adalah bahwa di dalam bekerja harus pandai memperhitungkan resiko, mampu melihat peluang, dan dapat mencari solusi persoalan yang ada dengan tepat dan benar sehingga dapat mencapai keuntungan yang diharapkan.
  • Kerja keras adalah bahwa dalam bekerja kita harus mempunyai sifat mabuk kerja atau gila kerja untuk mencapai sasaran yang ingin dicapai.
  • Kerja tuntas adalah bahwa di dalam bekerja kita mampu mengorganisasikan bagian usaha secara terpadu dari awal sampai akhir untuk menghasilkan usaha sampai selesai dengan maksimal.

Teknik Pengambilan Keputusan :

  • Faktor Orang artinya dalam membuat keputusan perlu dipertimbangkan orang-orang yang akan merasakan keputusan tersebut.
  • Faktor Psikologis artinya dalam mengambil keputusan perlu memperhatikan masalah emosional, perasaan, pikiran, kekecewaan, maupun pengaruh kejiwaan lainnya.
  • Faktor Sasaran artinya dalam pengambilan keputusan harus dapat mendorong ke arah tercapainya sasaran/tujuan.
  • Faktor Fisik artinya karena membuat keputusan adalah pekerjaan mental, maka harus ditransferkan ke arah tindakan fisik.
  • Faktor Waktu artinya membuat keputusan juga harus memperhatikan penggunaan waktu yang efektif dan efisien untuk menganalisa data-data permasalahannya.
  • Faktor Pelaksanaannya artinya bahwa setiap keputusan akan menimbulkan suatu rangkaian tindakan.

Jenis Inovasi menurut Kuratkho :
Invensi ( Penemuan )
Ekstansi ( Pengembangan )
Duplikasi ( Banyak )
Sintesis ( Pemaduan )

Tipe inovasi menurut para ahli :
Inovasi Produk
Inovasi proses
Inovasi Pemasaran
Inovasi Organisasi
Inovasi Model Bisnis

Ulet artinya tidak mudah putus asa disertai kemauan keras untuk mencapai tujuan, ketabahan dan kekerasan hati, kecakapan dan kegiatan yang sungguh-sungguh.

Penyabab Konflik :
Perbedaan persepsi
Ketidakharmonisan pemikiran
Egoisme
Persaingan
Situasi dan kondisi yang mendukung konflik
Perilaku seseorang
Kurang komunikasi satu dengan yang lainnya
Diskriminasi
Kebencian

Manfaat Konflik :
Bisa mengubah cara pandang negatif ke positif
Belajar untuk menciptakan negosiasi antara anak, guru, dan suplier
Memanfaatkan kelemahan anak menjadi energi dan gairah sehingga bisa memberikan keuntungan bagi unit produksi
Mendorong kretifitas guru dan siswa
Menumbuhkan loyalitas kerja pada diri anak dan guru
Menumbuhkan rasa percaya diri pada anak
Lebih bisa mengenal pihak-pihak yang terlibat dalam bisnisnya anak dan suplier

Misi adalah bagaimana cara anda mewujudkan sebuah visi. Artinya tindakan untuk memperjelas apa yang dikehendaki oleh pemilik perusahaan ( Anda ) dan menjadi pegangan untuk menjalankan usaha Anda sekarang dan yang akan datang hingga visi itu terwujudkan.

Peluang dalam bahasa inggris adalah Opportunity yang berarti kesempatan yang muncul dari sebuah kejadian atau momen.

Pemanfaatan Peluang Usaha :
Harus percaya dan yakin bahwa usaha atau bisnis bisa dilaksanakan
Harus menerima gagasan baru dalam dunia usaha atau bisnis
Harus bertanya pada diri sendiri
Harus mendengarkan saran orang lain
Harus mempunyai etos kerja yang tinggi
Pandai berkomunikasi
  Faktor Keberhasilan Usaha :
Keuntungan
Fasilitas dan kemudahan
Teknis dan permodalan
Pemasaran dan penjualan
Tenaga kerja dan bahan baku
Persaingan dan resiko
Manajemen dan pengalaman
  Faktor Kegagalan Usaha :
kepribadian yang bersifat negative
perasaan takut disaingi orang
anggapan diri sendiri lebih super dan merasa lebih berhasil daripada orang lain.

Tujuan Usaha adalah target yang bersifat kuantitatif dan pencapaian target tersebut merupakan ukuran keberhasilan kinerja perusahaan.

Sasaran Usaha adalah penjabaran dari tujuan perusahaan, yaitu sesuatu yang akan dihasilkan oleh perusahaan dalam jangka waktu tertentu.

Bentuk-bentuk Badan Usaha :

  1. Badan Usaha menurut Lapangan Usahanya
  2. Badan Usaha Ekstraktif
  3. Badan Usaha Agraris
  4. Badan Usaha Industri
  5. Badan Usaha Perdagangan
  6. Badan Usaha Jasa
  7. Badan Usaha menurut Kepemilikkan Modalnya
  8. Badan Usaha Milik Negara ( BUMN )
  9. Badan Usaha Milik Swasta ( BUMS )
  10. Badan Usaha Milik Campuran
  11. Badan Usaha menurut Perbandingan Penggunaan Tenaga
  12. Badan Usaha Padat Modal
  13. Badan Usaha Padat Karya
  14. Badan Usaha menurut Badan Hukumnya
  15. Perusahaan Perorangan
  16. Perusahaan Persekutuan ( Firma dan Komanditer )
  17. Perusahaan Perseroan ( PT )
  18. Koperasi

Pentingnya Penyimpanan Produk :
Memaksimalkan pelayanan kepada pelanggan
Memaksimalkan efisiensi pembelian dan produksi
Meminimalkan investasi persediaan
Memaksimalkan profit

Macam-macam Surat :

  • Surat Permintaan Penawaran adalah surat yang diminta dan dikirimkan calon pembeli kepada penjual untuk meminta penawaran mengenai barang atau jasa tertentu yang dibutuhkan.
  • Surat Penawaran adalah surat yang dibuat dan dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli untuk menawarkan barang atau jasa.
  • Surat Pesanan adalah surat yang dibuat pembeli kepada penjual yang berisikan pemesanan barang atau jasa.
  • Surat Pemberitahuan Pengiriman Barang adalah surat yang dibuat setelah penjual menerima surat pesanan, kemudian memberi kabar kepada pembeli mengenai pesanannya terpenuhi atau tidak.
  • Surat Pengaduan adalah surat yang dibuat apabila transaksi antara pembeli dan penjual mengalami masalah.
  • Surat Pengiriman Pembayaran adalah surat yang dibuat apabila pembeli sudah menerima barang yang diinginkan.
  • Surat Niaga adalah surat yang digunakan dalam kegiatan usaha.

Bentuk-bentuk Promosi :
Advertensi ( Periklanan )
Personal Selling
Sales Promotion/Promosi Penjualan
Publicity
  Faktor-faktor yang mempengaruhi Kepuasan Pelanggan :
Kualitas Produk
Harga
Kualitas Pelayanan
Faktor Emosional
Faktor Kemudahan

Definisi Perencanaan Pemasaran adalah penerapan yang sudah direncanakan dari sumber daya pemasaran untuk mencapai tujuan pemasaran.

Fungsi Permodalan :
Fungsi Operasional
Fungsi Perlindungan
Fungsi Pengamanan dan Pengaturan


Formula 4P :

  • Personality
  • Pihak Bank mencari data tentang kepribadian dan peminjaman
  • Purpose
  • Pihak bank mencari data tentang tujuan dari peminjaman kredit
  • Prospect
  • Harapan atau masa depan usaha untuk beberapa bulan/tahun mendatang
  • Payment
  • Bagaimana pembayaran dari pinjamannya
  • Saluran Distribusi adalah lembaga penyalur yang mempunyai kegiatan menyalurkan barang-barang atau jasa dari produsen ke konsumen.


No comments:

Powered by Blogger.