TERUNGKAP! Alasan Kuat Walikota Somersworth AS Pakai Bahasa Indonesia Dalam Sumpah

Pembacaan ikrar setia Wali Kota Somersworth, New Hampshire, Dana S Hilliard, yang digelar di City Hall Somersworth, New York, pada Sabtu (9/1) menggunakan bahasa Indonesia.

Pembacaan sumpah ini disaksikan oleh Konsul Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) KJRI New York, Benny YP Siahaan, menjadi satu-satunya tamu perwakilan negara asing di acara tersebut.


Walikota Somersworth AS

"Begitu dekatnya hubungannya dengan Indonesia, wali kota sampai meminta agar pembacaan ikrar setia (pledge of allegiance) juga dalam Bahasa Indonesia, selain dalam Bahasa Inggris dan Perancis. Kebanyakan warga Somersworth keturunan Perancis," ujar Benny kepada Antara.

Menurut Benny, ikrar setia dalam bahasa Indonesia tersebut dilakukan oleh seorang pelajar menengah Somersworth, Abigail Johan.

Melalui pelantikan ini, Hilliard resmi memasuki periode kedua sebagai Wali Kota Somersworth. Ia dikenal sebagai pribadi supel, terbuka, dan mendukung toleransi keberagaman budaya di Kota Somersworth.

Kerja sama antara Pemerintah Kota Somersworth, KJRI New York, dan komunitas Indonesia pun sangat erat dalam tiga tahun belakangan. Berbagai program dijalankan untuk memajukan dan memperkenalkan Indonesia di Kota Somersworth, mulai dari pengenalan bahasa hingga pergelaran seni dan budaya.

Setelah acara, Walikota Somersworth Dana Hilliard meluangkan waktu untuk berbincang dengan Benny dan beberapa diaspora Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Benny memberikan kemeja batik sebagai ucapan selamat atas pelantikan seraya menyampaikan terima kasih atas dukungannya kepada masyarakat Indonesia di Kota Somersworth yang berjumlah sekitar 500 orang.

Hilliard lantas menyampaikan rasa terima kasihnya dan berjanji akan memakai batik yang diberikan pada acara perayaan masyarakat atas pelantikannya menjadi wali kota pada Februari mendatang.

No comments:

Powered by Blogger.