BelajarBIGDATA#3 Membuat Program Python Sederhana

Bigdata merupakan sebuah ilmu pengetahuan dan bidang akademik yang cukup baru di kalangan praktisi teknologi maupun analisis data. Ada berbagai macam cara untuk menganalisis data yang besar, salah satunya adalah dengan menggunakan bantuan anaconda python. Dengan menggunakan program python akan memudahkan penggunakan dalam merangkai baris program yang menyusun logika dari analisis data yang di ambil.

Jika anda ingin belajar untuk membuat program analisis bigdata menggunakan python, maka anda harus menginstall program aplikasi tambahan yaitu Anaconda promt, jika anda belum menginstallnya anda bisa mengikuti tutorial berikut, Cara Menginstall dan Menjalankan Anaconda Python.

Cara Membuat Program Python Sederhana

Program Sederhana Dengan Python
Pertama yang harus anda lakukan adalah menyiapkan editor kode untuk menuliskan baris program python, anda bisa menggunakan anaconda promt maupun spyder yang sudah menjadi bawaan anaconda ketika anda menginstallnya, cukup anda cari pada start windows. Kemudian anda bisa menuliskan contoh baris program sederhana seperti di bawah ini.

>>>import numpy as np
>>>X = [16.92, 96.10, 11.82, 44.32, 55.66, 10.75]
>>>X1 = np.sort(X)
>>>min = np.min(X)
>>>max = np.max(X)
>>>mean = np.mean(X)
>>>median = np.median(X)
>>>sd = np.std(X)
>>>variance = np.var(X)
>>>print('data =',X,'minimum =',min,'maksimum =',max)
Contoh program sederhana dari baris program di atas adalah sebuah program perhitungan matematis yang biasnaya di gunakan sebagai dasar untuk mencari suatu nilai ketika menganalisis big data, namun untuk program ini hanya menggunakan contoh array untuk dijadikan bahan perhitungan, anda bisa menambahkan baris array yang lebih panjang jika anda mau.

Pada baris pertama terdapat kode "import numpy array as np"  yang artinya pada program ini mengambil library dari numpy atau number python, karena pada library numpy terdapat banyak sekali fungsi matematis yang bisa anda gunakan untuk menghitung dan menganalisis data. Sedangkan baris program di bawahnya adalah baris utama yang bisa anda pelajari untuk mencari Min, Max, Mean, Median, Modus dan Standar Deviasi.

No comments:

Powered by Blogger.