Apa itu Big data? dan Bagaimana Konsep Karakteristik Big data disertai Contohnya

Big data berdasarkan defini yang saya baca di laman wikipedia menyebutkan bahwa bigdata merupakan sebuah kumpulan data dengan jumlah yang amat sangat besar, selain memiliki ukuran yang sangat besar juga memiliki tingkat kompleksitas yang tinggi sehingga akan sangat sulit untuk di tangani jika menggunakan peralatan atau tool aplikasi biasa.

Big Data Indonesia
Selain itu struktur big data juga sangat rumit dan bisa di bilang acak-acakan, jadi di butuhkan kemampuan mengolah data yang super kreatif dan sabar. Jika anda berfikir untuk menggunakan excel sebagai tool pengolah data, maka bisa di jamin anda akan stres saat itu juga, karena data yang di oleh bukan jumlah yang kecil. Teman saya yang bekerja di Badan Pusat Statistik mengatakan bahwa dia sehari-hari mengelola data dengan jumlah 200 juta data, dan dia bilang itu masih kecil.

Ketika saya belajar di diklat kementerian kominfo di beri data untuk latihan yang dosen bilang itu masih dalam kategori jumlah kecil, ingin tahu berapa jumlahnya? 2 juta data!. Saat itu juga laptop saya yang menurut saya standar untuk programmer web mengalami perlambatan, perlu di ketahui laptop saya menggunakan processor core i5 dengan vga 2GB dan Ram 4GB.

Kembali ke topik big data, istilah ini lebih terkenal di bandingkan dengan bahasa indonesianya yaitu Maha Data. mungkin karena lebih sering di sebut sehingga lebih cocok untuk komunikasi. Big data muncul karena adanya pengumpulan data yang dulunya tidak bermanfaat kemudian sekarang menjadi bermanfaat.

Contoh Big Data dalam kehidupan sehari-hari

Dulu sampah sekarang emas, data apakah itu? saya beri contoh sederhana yaitu ketika anda mengunjungi bukalapak, kemudian anda melakukan pencarian dan mengklik produk smartphone merk asus, dari situ sistem bukalapak menyimpan data anda berupa ip address, mac address, produk yang di klik dan masih banyak lagi.

Sistem bukalapak akan menyimpan data tersebut, Dan berdasarkan informasi yang saya dapat dari Data Science bukalapak mereka mengatakan bahwa ada keterkaitan sistem antara data bukalapak dengan google dan facebook. Namun yang sudah saya lihat secara langsung adalah facebook, dimana ketika saya buka facebook maka akan muncul iklan seperti yang saya cari-cari di bukalapak tadi yaitu smartphone merk asus dan berbagai macam pilihan lain.

Tidak sampai disitu, ketika saya membuka situs lain yang tidak ada hubunganya dengan smartphone merk asus juga muncul iklan adsense dengan menampilkan produk smartphone merk asus, walaupun bukan lagi dari bukalapak, karena ini sudah masuk big data dari google.

Pemunculan iklan produk tadi di ambil dari sebuah data yang bisa di bilang sampah oleh kita sebagai pengguna biasa, namun merupakan emas bagi para ilmuwan data science, untuk mendapatkan itu semua para ilmuwan harus melakukan analisis dan mencari insight dari jutaan data.

Karakter Big Data dapat kita kenali dengan ciri-ciri :

  1. Volume atau Ukuran, ukuran dari big data sendiri bisa d bilang sangat besar sehingga jika kita ingin melakukan tindakan sesuatu pada big data maka dibutuhkan peralatan yang canggih dan konsep analisis yang kreatif.
  2. Velocity, berdasarkan pendapat dari wikipedia yang saya ambil mengakatan bahwa big data memiliki aliran data yang sangat cepat dan real time.
  3. Variety, Maksudanya adalah kita tidak bisa mengenali struktur big data secara paten, karena big data memiliki struktur yang snagat bervariasi sehingga kita juga memerlukan kreatifitas untuk mengelolanya, bahkan ada juga big data yang tidak ter struktur.
Seperti yang sudah di sebutkan tadi bahwa big data merupakan data yang berjumlah sangat besar sehingga dibutuhkan tool atau perlatan yang spesial juga, berikut di bawah ini adalah tool yang bisa anda gunakan untuk melakukan pengolahan dan analisis big data.

Tools Big Data
  • Gelphi
  • Python
  • Netlytic
  • NiFi
  • Tableau
Lalu siapakah yang bisa menggunakan Big Data? dari semua lini kehidupan bisa dibilang semua bidang dapat memanfaatkan big data untuk kebutuhan mereka, semua bidang loh. Bahkan di masa depan saya memprediksi bahwa Big Data akan memberikan andil besar untuk kehidupan manusia dan segala macam ketentuan dan kebijakan akan sangat bergantung pada dukungan informasi dari Big Data.

Impelentasi Big Data saat ini
  1. Bidang Bisnis
  2. Bidang Kesehatan
  3. Bidang Pariwisata
  4. Bidang Ekonomi
  5. Bidang Politik
  6. Bidang Sosial
  7. dan lain sebagainya...
Jika saya jelaskan satu persatu bagaimana big data bekerja pada sebuah bidang pastinya tidak akan cukup waktu, karena memang penerapan big data sangat luas untuk berbagai bidang, sudah saatnya anda menggunakan big data untuk memajukan bisnis maupun usaha anda, di bidang apapun, ingat di bidang apapun, big data pasti akan memberikan manfaat bagi anda, bukan hanya soal bisnis tapi sosial juga.

No comments:

Powered by Blogger.