BelajarBIGDATA#2 Menjalankan Python Dengan Anaconda Promt

Python merupakan sebuah bahasa pemrogramman yang bisa digunakan untuk memvisulisasikan data menjadi sebuah grafik yang lebih mudah untuk dipahami oleh manusia pada umumnya, karena jika menggunakan data mentah untuk analisa sebuah data, kemungkinan besar analisis data akan menjadi sulit. Mengingat tumpukan data yang ada biasa memiliki posisi yang lebih komplek dibandingkan data pada umumnya.

Belajar Python dengan Anaconda
Analisis data terutma pada bigdata bukanlah sebuah data kecil seperti yang umum anda lihat pada laptop atau komputer, tetapi data itu berjumlah sangat besar. Bukan hanya ribuan baris, tetapi bisa mencapai jutaan baris, atau bahkan ratusan juta baris. Jika tidak menggunakan teknik analisis bigdata tentu saja akan sulit untuk menganalisa sebuah data, untuk itu dibutuhkanlah yang namanya teknik bigdata.

Dalam teknik Bigdata, kita membutuhkan aplikasi bantuan seperti Anaconda untuk menjalankan bahasa python yang kita tulis. Jika anda belum menginstall Anaconda, sebaiknya anda membaca artikel sebelumnya yaitu Mengenal Anaconda dan Instalasinya.

Cara Menjalankan Python pada Anaconda Promt

Pertama jika anda ingin menjalankan bahasa pada python, maka anda harus membuka terlebih dahulu anaconda promt, tampilan anaconda promt sebenarnya sama seperti command promt. Anda bisa membukanya lewat menu Start atau lewat ikon pada desktop. Jika sudah terbuka jendela anaconda promt, selanjutnya anda ketik "python" untuk memulai, seperti gambar dibawah ini.

Anaconda Promt
Jika anda sudah mengetikan perintah "python" maka akan memunculkan halaman yang siap anda gunakan untuk menuliskan kode python, ciri anaconda promt yang sudah siap untuk dimasukan kode python adalah yang sudah muncul karakter ">>>", jika sudah seperti itu, selanjutnya anda tinggal mengetikan perintah dengan bahasa python.

Anaconda Promt Menjalankan Program Sederhana
Pada gambar di atas adalah sebuah tampilan hasil running dari baris program sederhana berupa menampilkan teks yang telah di simpan pada sebuah variabel, data pada variabel tersebut memiliki type data string yang artinya berupa huruf dan tidak bisa dilakukan perintah operator perhitungan.
>>>a = "Selamat datang di Situs CVABDUL.COM"
>>>print(a)
>>>Selamat datang di Situs CVABDUL.COM

Demikian pembahasan singkat mengenai belajar BigData dimana pada pembahasan pada artikel ini masih dalam tahap pengenalan dan pembelajaran dasar. Untuk pembahasan lebih lanjut anda bisa mengikuti terus perkembangan dari artikel selanjutnya yang masih dalam pembahasan pembelajaran Analisis BigData.

No comments:

Powered by Blogger.