BelajarBIGDATA#8 Grabbing CSV untuk Analisis dan Visualisasi Bigdata

Visualisasi bigdata merupakan cara terbaik untuk menyajikan data dengan jumlah yang sangat besar, karena tanpa visualisasi manusia akan kesulitan untuk melihat value atau point penting dari banyaknya data tersebut. Namun sebelum melakukan visualisasi data ada langkah yang lebih penting  untuk kita pelajari yaitu bagaimana cara kita mengambil data untuk kita analisis ke dalam aplikasi Power BI?

Grab CSV untuk visualisasi bigdata
Pada pembahasan sebelumnya tentang Visualisasi dan Analisis Bigdata dengan Power BI sudah di jelaskan cara mengambil data lewat grabbing online yaitu melakukan pengambilan data dari table yang di sajikan oleh sebuah website, namun bagaimana jika data yang ada sudah tersaji dalam komputer? ada cara lian mangambil data yaitu dengan grabbing csv langsung dari komputer, sehingga kita tidak membutuhkan koneksi internet lagi.

Cara Grabbing CSV ke dalam Power BI

Pertama sebelum melakukan pengambilan data dari file CSV anda harus sudah menginstall Power BI terlebih dahulu atau setidaknya sudah menyiapkanya untuk praktek grabbing ini, jika anda belum melakukan instalasi power bi, anda bisa mengikuti langkah pada artikel sebelumnya yaitu Pengenalan dan Instalasi Power BI. jika sudah silahkan ikuti langkah di bawah ini.

1. Buka aplikasi Power BI kemudian pilih menu Get Data
Jalankan aplikasi Power BI kemudian jika sudah tampil halaman kerja, pilih menu GET DATA lalu pilih submenu Text/CSV, selanjutnya tampil open data yang muncul, silahkan jika anda sudah memiliki data berbentuk CSV yang sudah siap di analisis bisa langsung di buka, namun jika anda belum memiliki data untuk di analisis anda bisa mencarinya di opendata negara yang beralamat di data.go.id di sana anda dapat mengambil data dari berbagai macam bidang dalam bentuk CSV.

2. Proses mengakses data dari file CSV
Proses selanjutnya adalah Power BI melakukan grabbing atau pengambilan data dari file yang anda pilih, jika proses sudah selesai maka akan menampilkan data yang akan di analisis, seperti di bawah ini.

3. Menampilkan data kemudian pilih tombol Load
4. Data berhasil di grab dan lakukan visualisasi data
Langkah terakhir jika anda sudah berhasil mengambil data dari file CSV adalah melakukan visualisasi data dengan berbagai macam diagram yang telah di sediakan oleh Power BI, ada beberapa jenis diagram, salah satunya adalah "Line Chart" yang saya gunakan untuk menampilkan data dari file CSV, anda juga bisa menggunakan diagram lain untuk visualisasi bigdata.

No comments:

Powered by Blogger.