Cara Efektif Mengeluarkan Dahak pada Balita Tanpa Obat

Memiliki balita yang lincah adn aktif memang menyenangkan bagi orang tua, tawa dan ceria balita kita memang momen-momen berharga yang dinantikan para orangtua.

Tetapi ketika balita mulai terserang sakit maka orang tua biasanya akan merasa panik. Apalagi kalau si bayi terserang penyakit batuk berdahak dan pilek. Pasti kebanyakan orang tua bingung bagaimana mengatasinya dahak tersebut karena bayi belum bisa mengeluarkan dahak sendiri seperti orang dewasa. 

Nah Berikut ini ada cara efektif yang bisa mengeluarkan dahak Balita anda, seperti dikutip dari Sukan Star TV oleh Azura Hishamudin

1.  Tuangkan beberapa tetes minyak kayu putih ke dalam baskom bersih, kemudian tuang air panas mendidih ke dalam baskom berisi minyak tadi (lihat gambar 1).
Sebagai perbandingan antara air panas yang dituangkan dengan minyak kayu putih bisa Anda kira-kira sendiri. Pastikan air panas yang ditambahkan tidak terlalu banyak tujuannya supaya aroma kayu putih dapat keluar.



2.  Uapkan muka anak Anda dalam keadaan tengkurap ( lihat gambar 2)
Posisi ini bertujuan supaya Balita Anda dapat menghirup uap dari minyak kayu putih yang kita tambahkan air panas. CATATAN PENTING : JAGA TANGAN ANAK ANDA! JANGAN SAMPAI DIA MERAIH ATAU MASUK DALAM AIR PANAS.

3.  Tepuk-Tepuk punggung Sisi Kiri dan Kanan Balita Anda, gunakan Teknik Cupping(gambar 3)
Usahakan tidak menepuk di tengah-tengah punggung Balita Anda. Kenapa kiri dan kanan punggung saja tidak menepuk di tengah punggung? Ini supaya saat kita tepuk kiri dan kanan punggung anak, kita menepuk area paru-paru anak .. dan di tengah punggung itu tulang rusuk syaraf pusat. Tepuk secukupnya jangan terlalu keras.

Pada waktu seperti ini biasanya anak akan meronta-ronta minta dilepaskan. Anak bisa menjerit atau menangis. Ketika ini terjadi memang terkadang membuat Anda selaku orang tua tidak tega. Namun inilah cara yang aman dan alami dan untuk kesehatan buah hati kita.

4.  Setelah 5 – 10menit, akan keluar lendir dahak dari hidung si kecil (gambar 4)
Pada tahap ini lendir dahak bakal keluar hingga berbalon-balon dari hidung Baita Anda. Itulah hasil dahak yang dikeluarkan dari hidung. Sesudah dahak keluar bersihkan dengan tisu dahak yang keluar tersebut. Lalu oleskan minyak kayu putih juga bawang putih di tapak kaki dan punggung bayi Anda. Setelah itu pernapasannya biasanya akan mulai sedikit lega dan tersenyum serta akan nyenyak tertidur.

Nah itulah cara alami untuk mengatasi Dahak pada Balita yang sulit dikeluarkan. Selamat mencoba.

No comments:

Powered by Blogger.