Inilah Suku Jawa dengan Budaya Sopan Santunya yang Indah di Pandang Mata

Azizmedia - Suku jawa memang mempunyai sebuah budaya sopan santun sangat kental, bukanya orang jawa mudah sakit hati tetapi saling menghormati adalah yang paling di budayakan. seperti budaya saling menyapa dan salam, budaya menghormati orang tua, seperti berjalan agak membungkuk ketika lewat di depan orang tua, dan berbicara halus kepada orang tua.

Jokowi bersalaman dengan Istri Gusdur
pengalan ini saya dapatkan ketika saya sedang perjalanan untuk mengambil uang di atm, ketika itu saya mengambil uang di atm salah satu rumah sakit di cilacap, ketika saya selesai mengambil karcis parkir saya langsung tancap gas ke tempat parkir dan waktu itu di depan saya ada sebuah mobil.

mobil itu tiba-tiba belok ke kiri padahal saya akan menyelip lewat arah kiri, tak ada apa-apa tentang lampu riting mobil itu langsung  belok dan hampir menabrak saya. dan seketika itu saya langsung berteriak "lampu riting" dengan nada ang agak membentak tetapi tidak kasar.

lalu saya menaruh motor di parkiran, setelah selesai mengambil uang di atm saya keluar dan bapak-bapak yang mengendarai mobil tadi sudah menunggu saya di depan atm, beliau bertanya"kamu tadi ngomong apa?" kemudian saya jawab "lampu riting pak".

lalu beliau berkata "kalau bicara dengan orang tua di jaga adat sopan santun nya." lalu saya segera minta maaf dan benar-benar minta maaf, sejak saat itu di dalam hati saya sudah tertanam untuk selalu menghormati yang lebih tua. ohhh sebuah pelajaran yang sangat berharga. terima kasih.

penulis ( Santri Gprs )

No comments:

Powered by Blogger.