Tutorial Pemula to Expert: Cara Membuat Blog Pribadi dan Bisa Menghasilkan Uang dengan Mudah

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya membuat blog dengan menggunakan blogger dengan mudah, tetapi mengahasilkan blog atau web yang sempurna dan ramah terhadap pembaca maupun mesin pencari google. Karena tutorial seperti ini banyak sekali tersebar di google, namun sebagian besar di sana membahas secara makro saja, tidak secara rinci.


Jika hanya membuat blogger saja namun tidak dilanjutkan dengan setting dashboard yang baik, maka bisa di pastikan blog anda di google hanya akan menjadi sampah. Karena tidak akan pernah muncul ketika pembaca melakukan pencarian di google.

Lalu bagaimana supaya bisa menghasilkan blog atau web yang sempurna dalam hal kebermanfaatanya? ada beberapa cara untuk mengahasilkan blog yang baik, terutama dalam hal pembuatanya ketika pertama kali. Nah pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara membuat blog yang baik dan benar supaya artikel yang ada di dalamnya bisa bermnafaat.

Untuk mengetahui apa saja yang akan kita lakukan dalam pembahasan kali ini, berikut ini saya beberkan ulasan singkat urutan yang akan dilakukan jika akan membuat blog.

Langkah cara membuat blog

  1. Siapkan nama blog yang baik sesuai analisis di google
  2. Masuk ke halaman Blogger.com
  3. Klik Buat blog kemudian masukan nama dan alamat blog
  4. Klik Create Blog
  5. Memilih template blogger
  6. Memulai post
  7. Selesai
Secara singkat langkah di atas jika anda sudah memahami tentang dunia blogger pastinya akan bisa memahami apa yang dimaksud di atas, namun karena saya akan menjelaskan lebih lengkah dan jelas sesuai kaidah pembuatan blog para master google adsense jadi saya akan menjelaskan lebih gamblang tentang urutan cara membuat blog yang sesuai kaidah google adsense, sehingga di kemudian haris blog anda bisa menghasilkan uang.

1. Siapkan nama blog dan alamat blog

Pemilihan nama blog dan alamat blog bersifat sangat penting karena nantinya akan sangat berpengaruh dalam algoritma mesin pencari google, inilah yang sering di lupakan oleh artikel tutorial membuat blog di website lain, padahal tujuan pembuatan blog adalah supaya bisa di kunjungi orang lain, tetapi hal utama yang mempengaruhi malah di lupakan.

Lalu bagimana menyiapkan nama dan alamat blog yang baik? nama dan alamat blog harus anda sesuai dengan topik yang akan anda bahas di dalamnya, misalnya anda ingin membuat blog yang di dalamnya akan membahas berbagai macam tutorial komputer, maka yang harus anda siapkan adalah nama-nama dan alamat blog yang mengandung kata komputer, misalnya adalah duniakomputer (tanpa spasi untuk alamat).

Bisa juga anda menggunakan nama blog dan alamatnya berdasarkan kata-kata atau keyword yang sering di tulisakan pengguna dalam mencari artikel di mesin pencari google, misalnya banyak pengguna google yang sering mencari dengan kata kunci "tutorial komputer" maka nama dan alamat blog yang bisa anda gunakan adalah tutorialkomputer (tanpa spasi untuk alamat), lain halnya jika anda ingin membuat blog pribadi dengan nama anda sendiri, jika demikian maka cara terbaik untuk mengatus optimasi search enginenya adalah dengan menggunakan bantuan console.

2. Masuk ke halaman Blogger.com dan Buat Blog

Ketika anda sudah menyiapkan nama yang pas untuk dijadikan nama dan alamat dari blog anda, langkah selanjutnya adalah anda harus masuk ke halaman blogger.com, sebelum masuk ke halaman ini anda harus sudah memiliki alamat email GMAIL yang aktif sudah sudah melakukan login pada saat sesi tersebut, sehingga akan mempermudah anda ketika masuk ke halaman blogger.com


Jika anda sudah masuk ke halaman blogger.com maka anda akan di arahkan ke halaman yang berguna untuk membuat blog baru, hal terpenting namun tidak wajib untuk anda ikuti di sini adalah usahakan antara nama dan alamat blog sama, sehingga akan menunjang optimasi di mesin pencari. Untuk lebih jelasnya anda bisa lihat gambar di atas.

Memilih Template Blog

Dari satu halaman ini anda sudah melakukan setting ke berbagai macam tahapan, mulai dari memasukan nama blog, memaskan alamat blog yang di inginkan, kemudian anda bisa langsung memilih mana template atau tema halaman blog yang anda inginkan, anda bisa memilih pada daftar yang ada.

Jika anda kurang puas terhadap rekomendasi template yang ada di blogger anda bisa memilih template dari luar, anda bisa memakai template buatan orang lain, bisa yang gratisan maupun yang berbayar. Jika anda menggunakan yang berbayar tentunya akan mendapatkan berbagai macam keuntungan terutama dalam hal search engine optimasi.

Memulai Post

Sampai di sini anda sudah berhasil untuk membuat blog dan bisa memulai untuk melakukan update artikel atau postingan dan langsung bisa di publish ke halaman blog pribadi anda, selain blog pribadi anda bisa membuat website lain dengan menggunakan blogger, seperti website perusahaan, toko online, website organisasi, dan website lainya tanpa batasan, yang jelas dengan menggunakan blogger anda tetap akan mendapatkan website yang dinamis dan interaktif.

No comments:

Powered by Blogger.