BelajarBIGDATA#1 Mengenal Anaconda dan Instalasinya

Proses perkuliahan pada program pendidikan dan pelatihan yang di adakan oleh kementerian komunikasi dan informatika pada hari pertama membahas tentang teori bigdata dan aplikasi apa saja yang digunakan untuk mendukung proses pembelajaran analisis BigData. Perlu anda ketahui bahwa Beasiswa DigiTalent Kominfo 2018 di biayai oleh Microsoft terutama dalam menyediakan berbagai macam tool pembelajaran.

Cara menginstall Anaconda dan Visual Studio Code
Untuk itu dalam pembelajaran Bigdata kali ini menggunakan Bahasa pemrogramman Python dengan aplikasi pendukung Anaconda dengan alasan karena dengan menggunakan bahasa pemrogramman python akan memudahkan bagi mereka yang tidak terlalu menguasai coding, karena peserta Digitalent tidak semuanya memiliki background IT, banyak dari mereka yang datang dari jurusan Statistik dan matematika, bahkan dari stan dan kesehatan.

Untuk itu sebelum masuk mengenai bagaimana cara menggunakan python dan code apa saja yang di gunakan untuk analisis bigdata, kita sebaiknya untuk menginstall python terlebih dahulu, dalam hal ini anda harus mengunduh aplikasi anaconda. Sebaiknya jika anda menggunakan anaconda versi 3, walaupun di halaman download juga tersedia versi 2, dengan alasan supaya lebih aman dan lengkap, karena lebih update.

Bagi anda yang ingin mengunduh aplikasi anaconda, anda bisa mengunduhnya langsung secara gratis pada website resminya yaitu di Download Anaconda.

Jika anda sudah mengunduh aplikasi anaconda, silahkan lakukan instalasi seperti halnya menginstall aplikasi pada umumnya, namun ada catatan dalam menginstall anaconda, ketika di akhir sesi akan di tawarkan sebuah aplikasi editor code tambahan, dan sebaiknya akan juga melakukan instalasi aplikasi tambahan itu yaitu Visual Studio Code. Karena jika menginstall lewat wizard Anaconda, maka ketika melakukan rendering akan secara langsung terhubung, dan anda tidak perlu menginstall extention.

Install Visual Studio Code lewat Anaconda
Anda dapat melihat wizard seperti di atas jika instalasi anaconda sudah selesai namun belum sampai mengeklik tombol finish, sebaiknya akan lakukan instalasi visual studio code lewat anaconda dengan cara klik tombol 'Install Microsoft VSCode' lalu instalasi akan berjalan dengan sendirinya sampai selesai, jangan lupa untuk memastikan bahwa komputer anda terhubung dengan koneksi internet.

No comments:

Powered by Blogger.