BelajarBIGDATA#5 Membuat Program Visualisasi Bigdata dengan VSCode

Program Visualisasi merupakan bagian dari inti pembelajaran Bigdata karena tanpa adanya visualisasi bigdata tidak memberikan nilai apapun bagi sebuah perusahaan maupun instansi pemilik bigdata. Teknik visualisasi juga sangat berpengaruh terhadap keputusan yang akan diambil untuk dijadikan dasar dalam membuat kebijakan. Oleh karena itu pada kesempatan pembelajaran Bigdata kali ini akan mencoba membuat program visualisasi bigdata.

Visualisasi Bigdata dengan python
Sebelumnya pada pembasahan bigdata ini sudah membahas tentang Mengenal dan Instalasi VSCode dengan Extention Python, jika anda belum menginstall VSCode maka anda harus membaca tutorial tersebut karena pada sesi kali ini akan menggunakan VSCode yang sudah terhubung dengan python lewat extensi.

Program Visualisasi Bigdata Sederhana

Program yang akan di buat pada sesi ini adalah sebuah program dengan kode analisis yang mengambil data yang telah di siapkan, karena masih tahap pembelajaran maka data yang akan di akses masih berupa data kecil untuk mempermudah anda sebagai pemula dalam mengikuti tutorial kali ini, berikut di bawah ini adalah baris kode yang bisa anda ikuti untuk di tulis pada editor code Visual Studio Code.

1. import numpy as np
2. import pandas
3. import matplotlib.pyplot as plt
4.
5. t = np.linspace(-6, 6, 25)
6. sin_t = np.sin(t)
7. cos_t = np.cos(t)
8. data = pandas.DataFrame({'t':t, 'sin':sin_t, 'con':cos_t})
9. print(data)
10. plt.plot(t,sin_t,t,cos_t)
11. plt.show()
Pada baris program di atas terdapat beberapa fungsi untuk memanggil library milik python seperti numpy, pandas dan matplotlib. library itu berisi berbagai macam fungsi untuk melakukan perintah matematis komputasi, dengan adanya library ini anda menjadi dipermudah dalam menghitung berbagai macam operator, karena anda tidak perlu merangkai rumus karena sudah disediakan oleh beberapa library tersebut, selain matematis, juga ada library yang berfungsi untuk menampilkan grafis atau diagram yaitu library matplotplib.

Plot hasil dari rangakaian coding
Pada tampilan plot di atas dapat anda lihat ada dua garis dengan warna yang berbeda, hal ini di karenakan penyusun dari alur garis tersebut bersumber dari nilai yang berbeda, yaitu dari nilai sinus dan cosinus atau yang lebih kita kenal dengan sin dan cos.

Nilai Sin dan Cos hasil dari perhitungan coding
Setelah sebelumnya anda dapat melihat hasil visualisasi grafis yang muncul dengan windows yang berbeda, namun sebenarnya gelombang grafis tersebut terbentuk dari hasil nilai perhitungan pada codnig, nilai tersebut bisa anda lihat pada console yang ada pada Visual Studio Code, pada hasil compiler terdapat tiga variabel utama yaitu t, sin, dan cos yang nantinya akan membentuk gelombang ketika di terapkan pada plot.

No comments:

Powered by Blogger.