BelajarBIGDATA#6 Pengenalan dan Instalasi Power BI untuk Analisis Bigdata

Power BI merupakan sebuah aplikasi buatan perusahaan raksasa teknologi microsoft yang berfungsi untuk menganalisis data yang besar dengan bantuan algoritma intelligence. Dengan menggunakan power BI anda sebagai analisis akan mampu untuk mengelola data dengan ukuran yang super besar dengan hanya bantuan satu aplikasi saja yaitu power BI. Tidak diperlukan skil coding khusus untuk mengoperasikan Power BI guna memanfaatkanya untuk kebutuhan vaisualisasi Bigdata.

Power BI Desktop
Sebelumnya pada artikel Belajar bigdata juga membahas tentang visualisasi Bigdata namun menggunakan Python yaitu Membuat Program Visualisasi BIGDATA dengan VSCode. Namun jika menggunakan cara visualisasi itu anda harus menguasai setidaknya dasar-dasar pemrogramman python yang sebenarnya juga tidak terlalu sulit bagi mereka yang memang sudah dibidangnya IT.

Namun untuk mengoperasikan aplikasi Power BI diperkukan perangkat komputer dengan spesifikasi yang cukup tinggi, setidaknya jika anda ingin belajar menggunakan Power BI untuk analisis data harus mempersiapkan komputer dengan spesifikasi minimal core i5 dengan ram 4GB, itu masih dalam kategori cukup untuk belajar, ingat 'untuk belajar' loh ya, bukan untuk kerja. karena kalau untuk kerja dan data yang di oleh besar minimal menggunakan ram 12 GB.

Power BI terdapat dua versi, yang pertama adalah versi desktop, anda bisa mendapatkan versi desktop secara gratis dengan mengunduhnya di situs resmi Power BI, keuntungan menggunakan Power BI versi Desktop adalah gratis namun tetap mendapatkan versi full, sehingga anda bisa mengelola data secara mandiri, namun anda harus menyiapkan spesifikasi komputer yang tinggi.

Sedangkan untuk versi kedua Power BI adalah versi web atau online, dengan menggunakan Power BI versi web anda harus membayar sejumlah uang untuk mendapatkan fasilitas ini, keuntungan dengan menggunakan Power BI versi web adalah anda dapat mengelola data yang super besar tanpa harus memikirkan spesifikasi komputer yang di gunakan, karena pengelolaan analisis dan visualisasi akan berjalan pada cloud computing milik microsoft.

Pemiliha power BI baik yang versi web maupun desktop memiliki performa yang sama, bedanya jika anda menggunakan versi desktop anda harus menyiapkan spesifikasi komputer yang tinggi namun softwarenya gratis sedangkan jika anda menggunakan versi web, anda tidak perlu memikirkan spesifikasi komputer, namun anda harus membayarnya.

Cara Install Power BI versi Desktop

Proses instalasi Power BI sebenarnya sama seperti menginstall aplikasi pada umumnya, sedangkan untuk mendapatkan file installernya anda bisa mendapatkanya secara gratis di situs Power BI yaitu www.powerbi.micosoft.com disana terdapat dua versi power bi yang bisa anda unduh yaitu versi windows 32 bit dan 64 bit, silahkan download sesuai dengan spesifikasi komputer anda.

Cara install Power BI
Jika sudah terdownload, silahkan mulai instalasi power bi seperti proses install pada umumnya, cukup ikuti wizard yang ada dan terus klik next sampai dengan finish, jika sudah selesai, silahkan coba buka aplikasi power bi yang sudah berhasil anda install tadi, pada halaman awal akan ada notifikasi pop up untuk mendaftar atau menggunakan trial, jangan pilih keduanya, cukup klik tombol close saja pada pojok kanan atas. Selesai, Power BI siap untuk di gunakan.

No comments:

Powered by Blogger.